Wednesday, February 17, 2016

Pipeline Free Span Mitigation

Pipeline Free Span Mitigation

selama evaluasi routing pipeline, pertimbangan harus diberikan adalah panjang pipa terpendek, pelestarian lingkungan, dan kehalusan dasar laut untuk menghindari free spanning berlebihan dari pipa. Jika free span tidak dapat dihindari karena topografi dasar laut yang kasar, panjang free span berlebihan harus dikoreksi.
Free spanning menjadi penyebab masalah baik dalam aspek statis maupun dinamis. Jika panjang free span terlalu panjang, pipa akan over-stressed dengan berat pipa ditambah isinya. Gaya drag karena near-bottom currentalberkontribusi terhadap beban statis. Untuk mengurangi masalah rentang statis, mid-span supports, seperti kaki mekanik atau kantong pasir-semen atau kasur, dapat digunakan.
Free span juga tunduk pada gerakan dinamis yang disebabkan oleh arus, yang disebut sebagai getaran yang diinduksi pusaran (Vortex Induced Vibration / VIV). Getaran dimulai ketika frekuensi vortex shedding dekat dengan frekuensi alami dari pipe span. Frekuensi alami pipa meningkat, dengan mengurangi panjang span, VIV akan berkurang dan dihilangkan. Menambahkan peralatan penekan VIV, seperti strakes atau hydrofoils, juga dapat mencegah pipa dari bergetar dalam kondisi tertentu.
VIV adalah masalah bahkan di bidang deepwater karena ada yang arus loop severe di near-bottom. Untuk mencegah masalah spanning statis dan dinamis, sejumlah pipa lepas pantai mencakup metode mitigasi pada tabel di bawah ini telah diidentifikasi.
image
Berdasarkan kondisi tanah, kedalaman air, dan tinggi span dari dasar laut, metode yang tepat harus dipilih. Jika ketinggian span off-bottom relatif rendah, misalnya kurang dari 1 m (3 ft), kantong pasir-semen atau matras yang direkomendasikan. Jika ketinggian span off-bottom lebih besar dari 1 m (3 kaki), clamp-on supports dengan kakitelescoping atau auger screw auger lebih praktis. Ilustrasi grafis dari setiap metode yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
image
Referensi:

No comments:

Post a Comment